Oleh: jendelahatiku | Januari 1, 2010

BUKTI ADANYA TUHAN

Pada suatu hari, seorang raja ingin melihat Tuhan. Maka Raja itu mengundang ke istananya semua ulama dan orang bijak dari seluruh negeri. Dia mengancam mereka dengan hukuman yang berat jika di antara mereka tak ada seorangpun yang berhasil menunjukkan Tuhan kepadanya.

Satu persatu ulama maupun orang bijak berbicara kepada Raja dan mencoba memberi pengertian tentang siapakah Tuhan kepada raja. Namun rupanya sebegitu jauh, tak ada seorangpun yang mampu. Hanya tinggal seorang ulama yang sangat tua menunggu giliran berbicara dengan raja.
“Yang mulia, sudilah kiranya tuan berjalan-jalan sebentar ke taman,” mohon ulama itu. Maka raja diikuti semua undangan berjalan keluar menuju taman.

“Sekarang Yang Mulia,” kata ulama tua itu sesudah semua orang berdiri di dalam taman, “Saya mohon tuanku melihat ke langit dan memandang Matahari selama beberapa menit saja.”
Mendengar permohonan tersebut semua orang bergumam heran. Wajah raja pun menjadi berkrut sesaat. Tetapi toh dia akhirnya menuruti juga permintaan ulama tua itu.

Tidak lama kemudian raja menjerit mengaduh. Matanya terasa panas dan sakit. “Kamu sudah gila ya menyuruhku melakukan semua itu?” bentak raja kepada ulama tua itu.
“Mohon ampun seribu ampun, Yang Mulia,”kata ulama itu, “Matahari hanyalah salah satu ciptaan Tuhan. Jika melihat Matahari saja tuanku tidak kuat, bagaimana mungkin tuanku akan kuat melihat Penciptanya, yaitu Tuhan itu ?” lanjutnya kemudian.

Mendengar penjelasan itu, Raja tersenyum puas. Akhirnya, tak seorangpun diantara para ulama maupun para bijak itu yang dijatuhi hukuman dari sang raja.

dari buku Segelas Susu


Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori